Rosmalinda Ika Kesumawaty Br. Kemba

profile diri. Lahir ke bumi 6 Desember 1972, Pernah belajar di USU, UMB dan UNIMED. Dari 1994 sd srkarang mengabdi di SMAN 17 Medan. ALUMNI SAGUSABU Medan 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kiat Sukses Belajar Daring

Kiat Sukses Belajar Daring

Kiat Sukses Belajar Daring

By: Rosmalinda Ika Kesumawaty Br. Kembaren,M.Pd

 

Terhitung tanggal 13 Juli 2020 tahun ajaran baru  dimulai serentak diseluruh wilayah Indonesia. Pemerintah memberi kebijakan pelaksanaan Tahun Ajaran 2020/2021 di era new normal ini berdasarkan zona derah covid-19 yang ditetapkan.  Pembelajaran jarak jauh masih diberlakukan   bagi daerah yang masuk zona merah dan kuning, sementara untuk zona hijau diberlakukan pembelajaran tatap muka dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan yang ditetapkan.

Bagi daerah yang masuk zona hijau, tentunya siswa dan guru melakukan pembelajaran dari tempat masing-masing. Masih melakukan pembelajaran daring. Tiap institusi berbeda kesiapan dan fasilitas belajar yang dimiliki, baik sarana belajar digital, kesiapan guru dan siswa maupun kesiapan orang tua dalam mendampingi belajar anaknya dirumah.

Tata cara pembelajaran berbeda karena kondisi setiap sekolah juga berbeda,  Bisa jadi, ada yang memakai e-mail untuk mengumpulkan tugas, ada juga guru yang menggunakan zoom cloud meeting, video converen, google class room, atau hanya menggunakan whattsapp grup saja. Jadi, siswa harus memastikan atau paham tata cara pembelajaran jarak jauh yang digunakan oleh guru.

Agar kamu dapat mengikuti pembelajaran daring yang diberikan guru dengan maksimal, maka ada beberapa hal harus kamu persiapkan:

1.    Kuota internet, pastikan kamu memiliki kuota internet yang cukup selama mengikuti pembelajaran. Tentunya kamu bisa mengalihkan ongkos dan belanja sekolah saat tatap muka untuk membeli paket internet, sehingga tidak ada alas an kehabisan paket.

2.     Aplikasi penunjang laptop/komputer atau adroid, salah satunya harus kamu miliki, sebaiknya pakailah milik sendiri, bukan milik orang tua atau tetangga, agar kamu dapat menyimpan data pribadi dengan rapi.

3.    Media penunjang materi pelajaran seperti buku, catatan, dan lainnya. Walaupun pembelajaran jarak jauh yang menggunakan aplikasi digital, kamu harus memiliki buku catatan dan buku tugas yang rapi. Bisa jadi guru akan minta dikumpulkan untuk disusun menjadi fortopolio sebagi penilaian akhir.

4.    Perhatikan jadwal pembelajaran dengan baik agar kamu tidak salah dalam mengikuti pelajaran. Misalnya untuk pelajaran matematika, kamu harus bedakan matematika wajib dengan matematika peminatan.

5.    Pahami rencana belajar Agar efektif, maka jika kamu diminta belajar materi A dan B maka harus dijalankan tugas itu. Jangan sampai kamu malah mempelajari materi Z. Ikuti pembelajaran online dengan baik, agar kamu tidak ketinggalan dan menjadi beban karena materi menumpuk.

6.    Yang terpenting, kendalikan dirimu saat belajar jarah jauh. Kamu harus bisa mengendalikan diri dengan benar-benar belajar, walaupun guru tidak ada disampingmu. Hindari bermain game, nonton TV atau main handphone saat kamu sedang mengikuti pembelajaran.

7.    Selalu update pengumuman dan jangan lupa gabung di grup whatsapp untuk mendapatkan pengumuman terbaru. Sebab, bisa jadi ada jadwal, tambahan materi atau informasi penting.

8.     Cari tempat yang nyaman Untuk belajar, sehingga kamu bisa mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas-tugas dengan baik.

9.    Jangan lupa mandi dan berpakaian rapi sebelum mengikuti pembelajaran, karena ini sangat berpengaruh pada semangat belajarmu.

10. Perhatikan deadline  tugas, usahakan selalu menyelesaikan tugas tepat waktu, karena ini juga sangat berpengaruh dalam penilaian sikapmu.

 

Perhatikan dan upayakanlah kamu melaksanakan kesepuluh point diatas agar kamu benar-benar dapat mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan. Akhirnya saya mengucapkan selamat memasuki tahun ajaran baru, semoga wabah covid-19 ini segera berlalu sehingga kita dapat bersemuka kembali disekolah

Sumber: https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/17/113921271/perhatikan-10-hal-ini-agar-pembelajaran-daring-efektif?page=2.

#Tantangan Hari ke-183

#KitaMenangLawanCorona

#BelajarDaring

#Belajar PJJ

Morawa Tanjung, 2020-07-15. Alhamdulillah. Salam sehat. Salam literasi!

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nagus bgt bu. Sukses terus ya bu

16 Jul
Balas

Mantul bund

16 Jul
Balas

Terima kasih tipsnya. Semoga bermanfaat

17 Jul
Balas

Terimakasih telah berbagi tipsnya buSalam literasi jg

15 Jul
Balas

Sangat bermanfaat Bun. Semoga kedepannya ada kepedulian pemerintah terkait bantuan paket internet. Hehehe Salam literasi :)

15 Jul
Balas

Bermanfaat sekal Bun

17 Jul
Balas



search

New Post